"Homo si Jablai"

HOMO si JABLAY

Cerita : Wiwied for Wiedesignarch

“Alamak, Lontong!!”

Teriakan menggema kencang dari mulutku, lalu dengan cepat aku menutup telingaku dengan bantal. Betapa tidak, lagu JABLAY bikin perut terangsang jadi mual.

“Kenapa sih?! Lu sensi denger tuh lagu nyebut-nyebut sejenisnya elu?!” Lonty yang sedang tengkurap di sebelahku mengoceh sambil terus membaca komik Harlem Beat yang udah butut. Cowok inilah yang baru aja aku panggil si Lontong.

“Duh, payah nih! Si Brondong kemana yak?! Lama nian tuh anak gak nongol-nongol,” aku segera mengangkat bantalku dan mengganti lagu MP3 yang tadinya bikin sensi itu.

“Sabar aja,” Lonty nampak asik melanjutkan bacaannya. Lonty, Lonty. Emang pantes aku menamakan dia Lontong. Bodinya kurus lurus, ditambah lempeng dan mlempem. Kalo ngomong, ajaib! Bisa gak ada ekspresi gitu!

Aku merebahkan kembali kepalaku di atas bantal. Kamarku ini nyaman banget dijadikan tempat males-malesan. Cocok buat Lonty yang doyan selonjoran dan sering dikira orang teler. Ada satu orang lagi anggota geng-ku. Brian alias Brondong! Beda banget sama Lonty, lantaran Brian lebih segar bugar dan punya logika tingkat tinggi. Kadang, otakku gak nyampe buat nangkep obrolan dia.

“Hei!” sesosok kepala manusia muncul dari balik pintu kamar.

“Sori, yak! Udah lama ya nunggunya?” Ini dia si Brian yang ditunggu-tunggu. Seperti biasa, tetap segar lantaran kayaknya enggak lupa mandi deh meski udah ngaret.

“Ah, dasar Brondong gak tau malu lu! Masih berani nongol pake basa-basi pula!” Aku segera turun dari tempat tidur dan mengenakan jam tanganku dan jaket buluk kesayanganku. “ Ayok cabut!”

“Yoi!!”

Dan tanpa menunggu isyarat, aku dan Brian sudah sibuk menyeret paksa si Lonty keluar kamar. Maklum, nih anak rada lama alias lelet.

Setengah jam kami naik mobil Brian tadi, akhirnya kami sampai juga ke Riotz Cafe. Rencananya, sambil memesan soda, kami mau nyapa bartender sana yang kami sebut sebagai “orang dalam” karena berkat dia kami bisa main bilyard seminggu duakali di kafe itu.

“Eh !!”

Tiba-tiba Brian menarik lengan jaketku dan nyaris mencekik si Lonty.

“Itu,” Brian menunjuk ke arah sebuah sudut ruangan, “itu bukannya si Ramon?”

Aku dan Lonty serentak mulai mencari sosok yang dimaksud Brian. Benar saja, tampak Ramon sedang duduk berdua dengan seorang pemuda perawakan mahasiswa bule.

“Busyet! Ngapain Ramon nongol di sini? ”

Sewajarnya kalau aku sungguh kaget melihat Ramon, kutubuku sekolahku, ada di kafe jenis ini. Lonty dan Brian pun pasti sama shocknya dengan aku. Ada dua alasan yang kami bisa lihat saat itu. Pertama, Ramon, meski keren dan body-nya lumayan buat ukuran cowok, tapi dia jelas tipe kutubuku dan intelek yang gak cocok nongol di kafe remang-remang itu. Kedua, Ramon ngapain ya posenya tampak serius dan intim ‘mencurigakan’ sama cowok yang duduk di jok sofa sebelahnya?

“Hiy! Gw kok nangkep hawa gak enak dan jijay gitu ya dari pandangan dan gerak body-nya ke itu cowok asing?” Brian yang super jenius seperti biasanya mulai bikin mikir sama analisanya.

“Maksud lo?” Dan seperti biasa juga, si Lonty yang favorit banget ngomong ‘maksud lo’ ato juga ‘gw kok ga ngerti ya’.

Lalu, karena teringat sesuatu, aku melihat kembali ke arah meja Ramon.

By the way, itu bukannya si cowok yang selalu nganter-jemput Ramon di sekolah? Yang katanya mahasiswa kampus Jakarta itu? “

“Wah, bener banget!” Brian menanggapi. “Berarti bener dugaan gw kalo ada hal yang eneg mungkin sedang terjadi disini.”

“Ah! Lu mau bilang apa sih sebenernya, Brondong ?! Dari tadi lu sebut hawa yang jijay ampe barusan bilang eneg, sebenernya lu ini menganalisa apa sih di otak lu?!” Aku berbalik dan menyeruput kembali minuman soda pesananku di meja bar. “Denger ya,” dengan mimik serius, Brian mendempetkan kepalaku dan kepala Lonty untuk berbisik, “kayaknya Ramon itu homo.”

“HAAAAHHH?!” dengan emosi bercampur mual aku menjerit, begitu juga Lonty.

“Gila, tugas si guru killer tadi buanyak banget! Ampe puyeng gue liatnya!” Aku mendribble bola basket, tapi segera si Brian lagi-lagi berhasil merebutnya dariku.

“Ember dah tuh! Maklum, perawan tua en jarang dibelai kali ye, makanya ngasih tugas ampe gak kira-kira. Gak ada kerjaan kali selain meriksain tugas kita-kita!” Keringat mengucur deras karena Lonty yang lamban gak juga bisa ngerebut bola dari Brian.

“Makanya,” Brian mendribble bola mendekati ring, “jangan kelamaan jadi bujang lapuk,” setengah melompat dan Brian pun berhasil memasukkan bola ke dalam ring.

Setelah mendesah kecewa, aku pun duduk berselonjor di pinggir lapangan basket kecil milik Brian itu. Suasana halaman rumah Brian itu tampak asri dan segar, berlatar rumah megah milik si tajir Brian tentunya.

“Kalo dipikir-pikir sih, gue masih gak percaya kalo Ramon itu homo,” ucap Brian setelah menenggak minuman botolnya dan duduk di sebelahku.

“Tapi bener juga sih alasan lu menilai begitu. Setiap dari sekolah, yang jemput cowok bule itu. Setiap Ramon ngeliat cewe, eh dia cuma ngelengos aja. Ditambah, inget kan dulu, pas kita nolak Ramon buat deket ama kita?” Aku menatap Brian dan Lonty bergantian.

“Maksud lo, pas kita ngerasa kalo pandangan dan ekspresi dia ke kita, yang agak bikin kita merinding itu?” Lonty menaikkan alisnya.

“Emang sih gue tau dia jarang banget dibelai cewek, keren tapi pacar aja gak pernah punya. Boro-boro jalan ama cewek, ama cowok aja gue gak pernah liat. Aneh banget tuh anak.” Brian menanggapi.

“Yang gue tau, dia dulu pas SMP emang banci cengeng gitu. Selalu jadi bulan-bulanan anak-anak. Cuma, gue liat pas SMA ini dia udah banyak berubah jadi cowo lah. Meskipun, tetep aja aneh.”

Brian memang teman SMP Ramon dulu. Dan dia juga sempat mengingatkan kalau kami tidak boleh terlalu dekat dengan Ramon yang notabene dulu gencar banget ndeketin geng kami. Memang kenyataannya, Ramon punya mata yang bikin bulu kuduk merinding kalo menatap kami. Entah apa itu sebabnya.

“Kalo mau liat kayak apa jablai yang bener-bener jarang dibelai, kayaknya Ramon cukup mewakili deh. Udah ditinggal mati bokapnya sejak kecil, trus gak pernah akur ama nyokapnya, ditambah ditelantarin ama temen-temennya sendiri.” Lonty mengoceh sambil mengunyah roti tawar buatan pembantu Brian.

“Haha! Tumben lu pinter en bisa mikir?! Padahal Lontong lagi gak makan lontong. Hahaha!” Aku tertawa lebar, Brian cuma nyengir kuda.

“Wait! Gue ada ide!” Aku segera berhenti tertawa dan memandang dua sobatku itu bergantian.

“Gw bakal caritahu dan cari bukti apa bener si Ramon homo”.

“Caranya?” Lonty memasukkan semua sisa roti ke mulutnya, penuh.

Aku melihat wajah Brian mulai berubah ekspresi.

“Gila lu! Lu mau ngedeketin si Jablai yang haus cinta dan ups, mungkin, homo?!” Brian mendorong dadaku hingga mengenai Lonty yang hampir keselek.

“Yeapz! Lagian, gue juga yakin kalian pada penasaran kan?!”

“Tapi, lu mikir dikit donk! Masak lu mau maen api ama seorang HOMO?!”

“Jadi lu beneran mau ndeketin Ramon? Apa gak terlalu.. ANEH?” Lonty menatap aku seperti kasihan.

“Udah, serahin aja ke gue! Anggep aja karena gue ngerasa ada persamaan dengan si Ramon itu.”

“Apa? Sama-sama homo maksud lo?” Brian melotot lalu meringis jijik.

“Wah, semprul lu!” Aku menjitak jidat Brian.

“Sama-sama haus belaian cinta, dodol!!”

“Huu, dasar bujang lapuk! Maen api sama beginian!” Lonty menjitak juga jidatku.

Hm, aku sudah bertekad dan tidak akan mundur. “Tenang aja, kalian akan gue laporin hasil spionase gue ntar.”

Dua hari berselang, tapi ternyata tidak sulit bagiku untuk bisa mendapatkan cerita banyak dari mulut Ramon sendiri. Benar kata Brian tempo hari, kalau Ramon itu punya kecenderungan besar ke arah homo. Pasalnya, selama dua hari ini aku dekat dengannya, aku melihat kalau Ramon meski cerdas dan nampak gentlemen tetapi terlalu peka terhadap detail dan terlampau feminim kalau mendramatisir soal perasaannya.

“Gila! Itu cowok emang makin hari makin bikin merinding gue!” Kataku sambil mengunyah gorengan Pak Kumis di kantin sekolahku itu.

“Tuh, bener kan kata Brian! Emang itu cowok aneh bin MENGERIKAN,” Lonty menambahkan dengan mulut tak kalah berminyaknya.

“Emang lu dapet info apa aja?” Brian tampak sibuk dengan tisunya, dasar cowok sok bersih.

“Ya, seperti dugaan lu semua sih! Ternyata si bule itu emang pacarnya selama setahun ini! Jijay banget gue dengernya pas dia ngaku!” Aku nyaris berhenti mengunyah makananku karena mendadak mual.

“Sumpeh lu!? Jadi bener ya si Ramon itu..” Aku segera membekap mulut Lonty. “Gila lu! Jangan kenceng-kenceng napa? Denger kata itu bisa heboh nih kantin!” Lonty cuma meringis sambil mengerlingkan bola matanya.

“Ngakunya ke gue sih, dia gak homo,” ucapku setengah berbisik.

“Ya, mana ada maling ngaku maling,” Brian menanggapi.

“Dia ngakunya dia itu biseks. Lantaran gak mulus dapetin cewek incerannya juga. Jadi, intinya kejebak situasi gitulah,” aku mengambil lagi tahu goreng.

“Lu ini! Masih nafsu lu makan?! Dasar tong sampah tulen lu!” Brian memandangku jijik.

“Kayaknya gue udah mulai memutuskan,” kataku memasang mimik serius.

“Aku bakal keluar dari permainan spionase ini sekarang juga. Terus terang gue eneg berlama-lama ama cerita dia yang najis abis itu. Ditambah, dia tampak banget cari dukungan buat ngebantu masalah dia yang mau putus ama si bule itu.”

“Heh? Emangnya ada apa?” Lonty penasaran.

“Ramon mo diputusin ama bule itu. Lantaran tuh bule udah punya pacar lagi di Perancis, daerah asalnya.”

“Wah wah! Posisi lu kayaknya udah kelewat jauh deh, Ron! Mending lu cabut deh dari permainan gak mutu lu itu!” Brian tiba-tiba tampak panik.

“Iya iya. Kan udah gue bilang tadi.”

Yah, memang sudah kumantapkan hati kalau aku akan lepas tangan sama sekali. Permainan ini sama sekali tidak menyenangkan dan membuat aku mual berkali-kali.

“Hah?? Ramon nembak lu?!” Jeritan histeris di headset hape yang menempel di telingaku.

“Iya!!” Aku bergidik sambil tetap memasang hape di telingaku. “Sumpah, kepala gue langsung pening ditambah perut gue mendadak mual! Huekh.” Aku memegangi perutku, sementara tawa bahak menggema di hapeku! Sial, kutukku.

“Hoy, bajingan ya kalian berdua! Mang lucu apa?!” Aku duduk gelisah di atas tempat tidur kamarku.

“Kan udah gue bilang kemaren,” suara Brian di seberang menahan tawa. “Lu ngapain juga masih ada urusan ama Ramon?”

“Akh, pokoknya kalian kudu bantu gue sekarang gimanapun caranya!”

“Emang lu lagi dimana?” Suara Lonty menyusul dari jarak seberang, lebih jauh.

“Sekarang gw lagi dikamar! Dan coba bayangkan, baru semenit lalu gue ninggalin Ramon di ruang tamu! Gue nyaris muntah tadi didepannya. GILA!!”

“Hahaha! Gimana nih, Bri?! Kita bantuin gak nih temen kita?” suara Lonty setengah mengejek.

“Sori, men! Ron, gw ama Lonty gak ikut campur! Lu yang maen api, padahal udah gw peringatin dari awal. Lu urus sendiri yak!” Brian tertawa disusul Lonty.

“Hoy, kalian jangan pada maen-maen yak! Gw bener-bener gak bisa ngeliat tampang apalagi ngapa-ngapain tuh najis!”

“Terserah lu, Ron! Lu mau bunuh diri ato malah jadian ama dia, itu keputusan lu! Sama seperti saat lu mutusin buat njilat muka tuh jablai homo!”

Haaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhh.............

0 comments

Tambahkan Komentar Anda

 
Copyright © 2012 Main Kata : Blog Menulis dari Hati ~ Template By : Jasriman Sukri

Kamu bisa menulis deskripsi disini